PENYAKIT LEPTOSPIROSIS


LEPTOSPIROSIS
Penyakit Leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira sp, dan ditularkan lewat air kencing tikus. Media penyebaran penyakit ini adalah air, baik air yang mengalir ataupun diam (seperti di bak penampungan air).

"Luka yang menganga merupakan jalan masuk dari bakteri Leptospira sp," jelas dr Cahya Purnama, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Ia mengatakan, Leptospirosis bisa disembuhkan, asal tidak terlambat penanganannya. Bakteri yang ditularkan melalui vektor tikus tersebut, akan menyerang bagian hati dan ginjal apabila dibiarkan saja.

Bila sudah terdeteksi menderita Leptospirosis dari awal, maka antibiotik dari golongan amoxicilin dan penicilin masih bisa mengatasi bakteri tersebut. Tapi bila penderita terlambat diberi pertolongan, maka resikonya berhadapan dengan kematian.

Ciri-ciri orang yang menderita Leptospirosis, akan mengalami demam tinggi, pada bagian betis akan terasa kaku atau pegal, dan mata memerah. Apabila sudah parah, mata akan berubah warna menjadi kuning.

"Masa inkubasi bakteri ini 7 hari sampai 19 hari, tergantung daya tahan tubuh masing-masing. Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini perlu diwaspadai. Setiap warga hendaknya langsung membersihkan diri setelah melakukan kontak dengan air," ujarnya.

Flu Adalah Gejala Awal Penyakit Leptospirosis
Hati-hati jika Anda  mengalami gejala flu akut karena hal itu bisa menjadi awal gejala Leptospirosis.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Lestaryono, agar masyarakat lebih waspada penularan bakteri  yang ditularkan tikus itu. "Sebanyak 10 persen penderita meninggal dunia akibat terlambat melakukan pengobatan," ujarnya, Selasa (1/2/2011).

Secara klinis, Leptospirosis stadium pertama mirip keluhan penderita flu, yakni demam tinggi, menggigil, sakit kepala, muntah dan nyeri otot. "Kadang pasien tidak sadar jika sudah terjangkit Leptospirosis. Apabila tidak ditangani dengan bena, kondisinya akan fatal," ujarnya.

Leptospirosis hipterik ada ciri khusus, yaitu mata dan kulit menguning. Ciri itu tak terlihat pada penderita non hipterik. Bakteri Leptospira sp yang membawa penyakit itu menganggu fungsi ginjal, dan penderita bisa mengalami gagal ginjal.

"Penderita yang sudah terserang ginjalnya dapat disembuhkan dengan cuci darah dua sampai tiga kali," ujarnya.

Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kulonprogo, Slamet, mengatakan, manusia terinfeksi Lepstospirosis setelah kontak dengan air, tanah atau tanaman yang dikotori air kencing hewan pembawa bakteri Leptospira sp.

“Bakteri masuk ke tubuh manusia melalui selaput lendir, mata, hidung, kulit yang lecet, atau makanan yang terkontaminasi. Masa inkubasi empat sampai 19 hari,” katanya.

Pencegahan penyakit Leptospirosis yang efektif adalah membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat. Menyimpan makanan agar terhindar dari tikus, mencuci tangan sebelum makan, membersihkan tempat air dan kolam renang. Serta menyemprot disinfektan ke tempat tertentu yang tercemar tikus.

"Bagi pekerja yang beresiko tinggi terhadap Leptospirosis adalah petugas kebersihan, petani dan pemotong hewan. Kita imbau mereka menggunakan sarung tangan dan sepatu bot," ujarnya.

Gejala Pada Hewan
Pada kejadian akut hewan akan mengalami panas tinggi, menggigil, dan otot menjadi lemah. Muntah dan dehidrasi. Beberapa kasus anjing akan mengalami Suhu badan rendah (hipotermia) dan dapat terjadi kematian sebelum kerusakan pada hati dan ginjal terlihat.

Pada infeksi subakut, gejala yang terlihat antara lain, demam, muntah, nafsu makan menurun, dehidrasi, dan rasa haus yang meningkat. Anjing akan menjadi pendiam/malas karena rasa sakit pada otot dan ginjal. Gangguan pada organ hati akan menimbulkan warna kuning pada kulit dan selaput lendir (ikterus). Gangguan pada hati dan ginjal akan terlihat setelah infeksi berjalan selama 2-3 minggu. Pada anjing yang mengalami infeksi kronik atau tanpa gejala (subklinik) tidak memperlihatkan gejala yang signifikan. Bakteri akan berada dalam urin selama berbulan-bulan bahkan sampai tahunan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah drama 8 orang- bukan bawang putih bawang merah biasa

Drama plesetan Cindel Rella 5 orang (dengan perubahan)

Naskah drama nasi goreng