Senin, 25 Februari 2013

Naskah drama 8 orang- bukan bawang putih bawang merah biasa


BUKAN BAWANG MERAH & BAWANG PUTIH BIASA
By Qory Linda Octasalvia & Dwi Rahni Maulidah (XI IPA)
SINOPSIS CERITA
            Di sebuah desa yang damai dan tentram hiduplah seorang gadis cantik bernama bawang putih. Dia hidup bersama ibu tiri dan anak-anaknya yang bernama Bawang Merah, Bawang Bombay dan Bawang Prei. Mereka memperlakukannya bukan seperti saudara tapi seperti pembantu. Tapi tidak untuk bawang Prei. Dia tidak seperti kakak-kakaknya yang lain. Dia memandang Putih seperti kakaknya sendiri.
            Suatu hari kerajaan Petei mengadakan acara pemilihan untuk mencari calon istri untuk Sang Pangeran. Bawang Merah, Putih, Bombay dan Prei mengikuti acara tersebut walaupun awalnya Putih tidak di izinkan Ibu tirinya untuk ikut tapi berkat sang adik tirinya Prei, dia berhasil ikut acara tersebut. Lalu bagaimana kelanjutan kisah tersebut? Siapakan yang akan mendapatkan Sang Pangeran? Kita lihat saja nanti!!!
SKENARIO
Babak 1. Dirumah
Narator             : pada pagi yang indah, disebuah rumah yang terlihat tenang dan tentram (padahal tidak) sedang terlihat seorang wanita yang  sedang tidak tenang karena cuaca yang terik sambil mengayunkan kipasnya. Karena sangat kepanasan dia menggerakan kipasnya semakin lama semakin cepat… cepat… dan ceepaatttt…..
Ibu tiri               : Stop…. Stop…. (menghentikan sang Narator untuk berbicara). Eh..,, kamu gimana sich ceritanya. Saya capek nih, gerakin kipasnya sebegitu cepatnya. Yang bener dong…
Narator             : iya.. iya.. sorry… Lanjut ya?!
Ibu tiri               : ikan hiu, ikan cucut… yu’ lanjut.
Narator             : (melnjutkan cerita yang terpotong) lalu, dia merasa kehausan dan memanggil Putri tirinya yang bernama Putih.
Setelah Narator meninggalkan tempatnya.
Ibu tiri               : pu…ti…hh…. (teriak-teriak..)
Putih                 : iya…… ibu……
putih datang dari arah belakang Sang Ibu tirinya dan tiba-tiba.. “duakkk” (sfx)… mereka secara tidak sengaja saling terhantuk..
Ibu tiri               : aduahhh….
Putih                 : aw… sakit…
Ibu tiri               : heh.. kamu gimana sih… kalo jalan pake mata dong ( sambil menujuk hidung)
Putih                 : aduh.. ibu ini.. mata bukan disini (sambil menunjuk hidung), tapi di sini (menujuk mata)
Ibu tiri:              : oh iya ya.., kamu bener juga!!
Putih                 : lagian sapa yang jalan pake mata, saya jalan pake kaki ko’!!
Ibu tiri               : oh iya ya… (tidak sadar jadi sok baik). Eh, saya ko’ jadi begini sih.. heh.., putih!?!
Putih                 : iya bu.. ( jadi manis lagi)
Ibu tiri               : ambilkan saya minum, haus nih..
Putih                 : baik bu.. (sambil berlalu pergi)
Ibu tiri               : eh, saya belum selesai bicara… ( putih balik lagi) kamu udah belum bersihin dapur, ngepel, nyuci baju, cuci piring, jemur pakaian, nyapu, bersih-bersihin halaman, ngelap jendela?
Putih                 : udah semua bu…
Ibu tiri               : ya udah kalo begitu.. bersihin lagi sana..
Putih                 : lha.. kan barusan udah saya bersihkan semua, ko’ lagi sih?
Ibu tiri               : eh.., saya kan berperan jadi ibu tiri, dan kamu kan anak tiri saya. Menurut cerita, kamu harus selalu patuh dan jangan mengeluh. Kan ceritanya kamu anak yang baik dan bernbakti pada orang tua.(sang ibu tiri menjelaskan)
Putih                 : oh iya ya.. hehehe. Tapi, tega amat ya yang buat cerita. Apa dia gak kasihan sama saya?
Ibu tiri               : Au.. Ah.. gelap (memasang wajah tak berdosa)
Kembali ke belakang panggung.
Putih                 : ini bu minumannya
Ibu tiri               : Lama banget sih ? (sambil meminum minuman) aaaaaaaaaaaaaaaa..... najisss inggriisss perancisss cuiihhh, minuman apa ini ? kok asin ? kamu mau membunuh saya ya ?
Putih                 : ya ampun bu, saya lupa mungkin yang saya masukin tadi garam bukan gula
Ibu tiri               : adduh, bego banget sih kamu ! udah sana !
Merah               : mamiiii, di luar ada rame-rame tuh, lagi ngapain ya ? lihat yuuk !
Babak 2. Pengumuman
Narator             : Tiba-tiba sebuah pengumuman utusan dari kerajaan Petei mengumumkan akan diadakannya sebuah audisi untuk mencari calon istri Sang Pangeran. Dan ketiga anak-anak dari ibu tiri ini dari tadi ribut aja pengen ikutan. Padahal belum di umumkan.. halah.. cape dech (pakai gaya cape deh)
Merah               : cepetan dong jelasinnya.. udah jamuran nich nunggu pengumumannya… (teriak sebagai tanda protes)
Narrator           : iya..iya.. gak sabaran amat sih.. ya udah, langsung kita lihat ceritanya.. silahkan (mempersilahkan dengan tidak iklas)..
Setelah dipersilahkan dan Sang Narator sudah tidak ada di tempat
Ketiga anak tiri  : MAMI….!!! (teriak bersama-sama)
Ibu tiri               : ada apa sih! Ya ampun.. ya ampun.. ya ampun.. (sok lebay)
Merah               : ih.. mami.. biasa aja donk!
Ibu tiri               : ih.. suka-suka mami donk! Mulut-mulut mami! (protes)
Bombay            : ih.. udah donk! Ko’ jadi kalian yang rIbut! Tu.. degerin. (sambil menujuk kearah suara)
Mr. Pare            : saya Mr.Pare! utusan dari kerajaan Petei, mengumumkan….
All                    : yee..!!
Mr. Pare            : eh! Belum! Dengrin dulu!
All                    : iya..iya… (sambil senyum-senyum gak jelas)
Mr. Pare            : dengan ini saya beritahukan bahwa Kerajaan petei akan mengadakan audisi menyanyi untuk mencari calon istri Pangeran Papriko ijoo mantapoo lezatto enak to, iya to..
All                    : apaan sih lo? gubrak… (gaya ala cape deh)
Mr. Pare            : hehe.. lanjut. Yang akan dilaksanakan pada tanggal sekian, bulan sekian, tahun sekian, sekian, sekian, sekian dan sekian terima kasih. ( langsung berlalu pergi)
All                    : alah! Lama.. (sambil berlalu pergi)
Meninggalkan panggung.
Babak 3. persiapan
Narator             : karena mendengar pengumuman tersebut, para bawang bersaudara segera mempersiapkan segalanya mulai dari pakaian, suara, dan segala macamnya. Dan bagaimana suasana persiapan mereka? mari kita lihat bersama! (gaya ala presenter SILET)
Merah, Bombay dan Prei seang bedandan di kamarnya.
Merah               : Putih ! ambilkan lipstik!
Bombay            : Putih ! ambilkan selendang!
Merah               : sisir !
Bombay            : kipas ! cepet !
Prei                  : huh.. (bosan melihat kedua kakaknya)
Putih                 : (menatap mereka bertiga)
Merah               : apa ! ko’ liat-liat ! mau ikut?
Putih                 : (mengangguk dengan semangat) iya.. iya.. mau!!
Merah+Bombay : (saling menatap lalu mereka berdua menatap Putih) Gak boleh!! (menjawab dengan serempak)
Putih                 : yaaa..hh!!
Ibu tiri datang menghampiri mereka.
Ibu tiri               : aduhh.. kalian ini.. ayo cepat anak-anak kita berangkat!!
Merah+Bombay : iya ! mom !
Ibu tiri               : (menatap putih) dan kamu, tetap dirumah! (berlalu pergi)
Merah+Bombay : (menatap sinis) huh.. rasain…
Mereka semua pun berangkat.Putih masih di kamar itu sembari membereskan kamar yang berantakan. Akan tetapi Prei belum beranjak dari tempatnya. Menyadari hal tersebut, Bombay kembali kekamar dan menanyakannya kepada Prei.
Bombay            : eh Prei, ayo kita berangkat! Nanti terlambat lo !
Prei                  : (sedang memikirkan sesuatu) emm, kayaknya aku nanti nyusul aja deh kak ! soalnya masih ada yang harus aku urus dulu di sini!
Bombay            : oh.. okehlah kaloh begituh!
Setelah Bombay pergi. Prei menghampiri sang kakak tiri, putih.
Prei                  : Ka’ Putih, kakak beneran mau ikut?
Putih                 : iya sich de’ ! aku mau banget…
Prei                  : kalau mau ikut, biar Prei yang ngurus! Kakak tenang aja ! ayo ! (sambil menarik tangan Putih)
Putih                 : (menahan tarikan Prei) eh eh, tunggu dulu. Entar kamu bisa dapat masalah lo’ !
Prei                  : ah, tenang aja. tidak usah di pikirkan kak ! itu urusan belakangan! Ayoo!! (menarik tangan Putih lagi)
Putih                 : eh tunggu! Beneran nih?? Gak bohong nih sama kakak??
Prei                  : ihh.. udah deh nanyanya! Cepatan ayooo!!
Prei membawa Putih ke belakang panggung. Narator masuk.

Babak 4. Acara Audisi Dan Akhir Cerita
Narrator           : tibalah saatnya audisi pemilihan calon istri Sang Pangeran Papriko Ijoo Mantapoo Lezatto bin Raja Peteo Ijoo Mantapoo Lezatoo.. Ckckck.., (menggeleng-gelengkan kepala karena heran) hmm, dasar keluarga sayur-sayuran..
All                    : sewottt… (membalas perkataan Narator)
Narrator           : (terkejut) waduh.., bahaya nich!! Bisa di amuk masa saya!!
All                    : emang.. (jawab serentak)
Narrator           : (terkejut) hehe.. ya udah deh saya lanjut aja.. ehem ehem (berdeham tanda siap melanjutkan cerita) ..Bagaimanakah suasana acara audisi tersebut? Karena sudah terlihat gelisah. Jadi kita lihat saja langsung.. Mari..(mempersilahkan).
Menunggu acara di mulai. Suasana tempat audisi sangat ramai dan masih terdengar orang yang berbincang-bincang atau mengeluh.
Ibu tiri               : aduhh.. udah panas! Lama lagi! Kapan sih nih acara mulai..
Bombay            : iya nih.. lama amat.. laper lagi.. kapan makannya..??
Merah+ibu tiri    : Huuuu..(menyoraki Bombay)
Mr. pare memulai acara.
Mr. Pare            : baiklah para penonton sekalian! Acara Audisi pemilihan calon istri Pangeran di mulai! (semua tepuk tangan). Sebelumnya Mr. Pare panggilkan para juri kita.. ini dia yang pertama,  Melly Guslong..(datang+lagu pengiring+gaya melambai-lambai yang berlebihan).. wah meriah sekali ya sambutanya.. dan ini dia yang kedua, Tompyang.. (datang+lagu pengiring+gaya melambai-lambai yang berlebihan)..
All                    : yeee!! (bersorak-sorak ria)
All komentator   : Ya!! Terima kasih.. Terima kasih… (masih melambai berlebihan)
Melly                : baiklah! Perkenalkan nama saya Melly Guslong, saya sebagai komentator pertama! Terima kasih!! (sambil sibuk ngaca)
All                    : Yeeee!!!! (bersorak)
Tompyang         : ya! Saya Tomyang. Saya sebagai komentator kedua. saya ini seorang yang baik hati, pandai menabung, rajin, suka menolong, dan tidak sombong. Umur saya juga tidak tua-tua amat. Dan kalau ada yang berkenan silahkan hubungi saya di nomor 0812…
All                    : (memotong perkataan Tompyang).. emang lu’ kira biro jodoh…
Tompyang         : hehehe.. sorry.. barangkali ada yang mau..
All                    : huuuuu…. (menyoraki Tompyang)
Mr. Pare menengahi.
Mr. Pare            : ya sudah.. ya sudah.. para komentator silahkan duduk. Karena kita akan memulai acaranya.(para komentator duduk). Oke.., para penonton sekalian langsung saja kita panggilkan peserta pertama yang sudah tidak asing lagi yang biasa kita gunakan untuk masak, menumis dan…
All                    : lamaaaaaa!!! (teriak)
Mr. Pare            : iya..iya… Bawang Bombay!
Bombay maju.
Bombay            : baiklah saya akan menyanyikan lagu D’Masiv (siap-siap menyanyi) ehem..ehem.. (berdeham) Aku… rindu…. Setengah.. mati.. kepadamu.. (nyanyi)
All Komentator   : cukup-cukup.. Terima kasih.. (memotong nyanyian Bombay)
Bombay            : lho.. saya kan belum selesai..
Melly                : waktunya udah habis.. waktunya Cuma 10 detik..
Bombay            : yaaaa…. (muka menyedihkan) hu..hu..hu.. (nangis)
Mr. Pare            : Ya.. baiklah kita tinggalkan saja peserta yang sedang bersedih itu.. hehe.. Lanjut!! Okelah kalau begitu.. peserta kedua.. Bawang merah…
Merah maju.
Merah               : ehem,ehem.., (viera-perih) aku kan bertahan meski takkan mungkin, mendengar kisahnya walau perih… (menyanyi dengan suara yang cempreng)
Tompyang         : iya cukup… (memberi pengarahan)
Merah               : ya udah deh… (menerima kenyataan)
Mr. Pare            : baiklah para penonton sepertinya kita…
Di waktu yang tepat datanglah Prei.
Prei                  : tungguuu.. (memotong pembicaraan Mr. Pare).. ada satu lagi.. ( semua bengong) ini dia orangnya..
Datanglah gadis manis nan jelita, Bawang Putih.
All                    : wahh.. cuantik banget..
Putih                 : makasih..
Ibu tiri+merah    : apuahhhh?… Putih.. (teriak-teriak gak jelas)
Mr. Pare            : baiklah kalau begitu.. silahkan.. (mempersilahkan Putih)
Putih                 : makasih.. (membalas + senyuman manis)
Putih siap menyanyi.
Putih                 : (geisha-takkan pernah ada) ku ingin kau tahu isi hatiku.. kaulah yang terakhir dalam hidupku.. takkan ada yang lain hanya kamu.. tak pernah ada, takkan pernah ada.. (putih menyanyi dengan perasaan)
Semua orang terpesona dengan suara putih yang merdu. Kecuali Ibu tiri, Merah dan Bombay. Dan Putih mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari semua penonton.
All komentator   : (manggut-manggut).. bagus banget suaranya.. (berunding) baiklah kami sudah mendapatkan pemenangnya..
Semuanya memperlihatkan senyum merekah.
Mr. Pare            : baiklah para penonton sekalian dan untuk para peserta diharapkan berkumpul karena pemenangnya akan segera di umumkan. Silahkan Komentator…
Melly                : baiklah pemenangnya adalah… (diiringi music menegangkan)
All Komentator   : Bawang…(ucapannya menggantung)  Merahhh….
Merah dan ibu tiri teriak-teriak dan loncat-loncat kegirangan.
Merah               : yee..!!! saya menang…. Ah, pangeran I’m coming… hehehe (gaya super berlebihan bisa juga di bilang.. Lebay)
Prei menyela.
Prei                  : tunggu.. tunggu… kenapa dia yang menang? Kan suara yang paling bagus punya Ka’ Putih?... (protes, gak terima)
Tompyang         : hmm, maaf ya.. sebenarnya Pangeran suka dengan cewek yang suaranya cempreng.. makanya untuk mencari istri idaman Sang Pangeran, kerajaan mengadakan acara audisi ini.. begituu…
Prei                  : hahhh.. aneh banget sih.. (terheran-heran)
Mr.Pere menyela.
Mr. Pare            : baiklah kalau begitu.. untuk pemenang tolong berdiri di depan sini. (menujukan tempat). Dan tutup mata ya.. Pangeran akan menghampiri anda..
Merah langsung melakukan apa yang disuruh Mr.Pare. Dan dari arah belakang Merah, telah berdiri Sang Pangeran. Berlahan, Sang Pangeran menyentuh pundak Merah.
Merah               : ahhh, pangeran.. saya jadi malu.. (malu-malu Lebay)
Pangeran          : tidak usah malu calon istriku..
Mendengar suara pangeran, merah menjadi aneh.
Merah               : ehh, Kok suaranya beda ya.. kayak kakek-kakek.. ( merah berlahan membalik badanya. Dan…) kyaaaaaaaaaaa….aaaaa…aaa (teriak histeris).. kok Pangerannya udah tua… tidakkkk (berlari menjauh dari Sang Pangeran).
Pangeran          : lho.. sayangku.. mau kemana? Sini sama your honey… (mengejar Merah)
Merah               : tidak mauuu…
Kejar-kejaran dalam gerak lambat. Narator masuk.
Narrator           : pause.. (menghentikan gerak mereka) ternyata.. Sang Pangertan sudah berumur 100 tahun. Dan merah tidak menginginkan untuk jadi istrinya… play (lanjut Narator)
Masih kejar-kejaran.
Merah               : tidakkkkkk…
Di kejar Pangeran menuju belakang panggung. Ibu tiri dan Bombay mengikuti.
Ibu tiri               : anakku… tunggu mami…. (mengejar Merah)
Bombay            : kakak…. Mami… (ikut mengejar)
Tinggalah di panggung Putih, Prei, Mr.Pare, Tompyang, Melly dan Narator. Tiba-tiba, Mr. Pare mendekati Putih.
Mr.Pare             : ehem, hey.. sendirian nih?
Putih                 : iya… (jawab Putih dengan kalem)
Mr.Pare             : boleh saya temani?
Putih                 : boleh.. ( jawab dengan malu-malu)
Mr. Pare            : ya udah.. ayoo ( ngajak Putih)
Putih                 : (menganguk tanda setuju sambil senyum malu)
Putih dan Mr.Pare ke belakang panggung. Semuanya memandang pasangan baru itu. Tompyang juga  coba-coba PDKT dengan Prei.
Tompyang         : wah.., enak banget tuh bedua (masih melihat kearah mereka pergi).. hey..? (manggil Prei)
Prei                  : (menoleh kearah Tompyang) apa? (menjawab sinis)
Tompyang         : ngedate bareng yok? (menawari Prei)
Prei                  : serius?? (bertanya dengan wajah meyakinkan)
Tompyang         : ho’oh.. (sambil mengangguk)
Prei                  : okelah kalau begitu.. (langsung narik Tompyang ke belakang panggung, tompyang terkejut)
Sementara itu….
Melly                : wah… tega banget mereka.. masa kita ditinggalin sih.. betul gak, Narator?
Narator             : iya betul banget… Ckckckck (geleng-geleng kepala)
Narator dan Melly saling menatap.
Melly                : kita pergi aja yuk! Kemana gitu.. shoping kek, ke salon kek, creambath, menicure, pedicure, cukyur.. terserah lah..
Narator             : ayoo.. (jawab dengan semangat)
Akhirnya pergilah mereka semua dan tak ada yang tersisa.
TAMAT
TOKOH-TOKOH
1). Bawang Putih           :
2). Bawang Merah          :
3). Ibu Tiri                     :
4). Bawang Bombay       :
5). Bawang Prei             :
6). Mr.Pare                    :
7). Tompyang                :
8). Melly Guslong           :
9). Pangeran Papriko      :
10).Narator                    :
KONSEP PEMENTASAN
·         Babak pertama berada di ruang tamu atau ruang keluarga. Property, dengan menggunakan 1 meja dan beberapa kursi minimal 2 maksimal 4
·         Babak kedua berada di sebuah halaman. Property, dengan 1 mimbar untuk mengadakan pengumuman.
·         Babak ketiga berada di sebuah kamar. Property, 3 meja dan 3 kursi beserta cermin (jika bisa)
·         Babak keempat berada di sebuah rungan audisi. Properti, 2 meja dan 2 kursi untuk para komentator dan beberapa kursi untuk penonton dan peserta.
KOSTUM
1)       Bawang Putih    : Baju + rok putih panjang + sandal biasa, selendang putih untuk acara audisi
2)       Bawang Merah  : baju + rok merah panjang + sandal biasa, selendang merah untuk acara audisi
3)       Ibu Tiri              : baju + rok panjang + kipas + sandal hak tinggi, Selendang untuk acara audisi
4)       Bawang Bombay: baju + rok panjang + sandal biasa, selendang untuk acara audisi
5)       Bawang Prei      : baju + rok panjang + sandal biasa, selendang untuk acara audisi
6)       Mr. Pare            : tampilan keren, celana jens, jas atau jaket hitam, baju hem putih, sepatu
7)       Tompyang         : tampilan ala Tompi, topi, baju hem, jas atau jaket hitam, baju hem, sepatu
8)       Melly Guslong   : tampilan biasa aja (kalau mau sandal hak tinggi atau biasa)
9)       Pangeran          : sarung, baju T-shirt, kopiah, sandal jepit, dandanan ala kakek-kakek
10)   Narator             : tampilan yang penting keren

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar