DAMPAK NEGATIF INTERNET,FB, DAN GAME OLINE-TUGAS BAHASA INDONESIA


DAMPAK NEGATIF INTERNET, FACEBOOK, DAN GAME ONLINE

A.DAMPAK NEGATIF INTERNET
Dampak Negatif Internet
1. Cybercrime Adalah kejahatan yang dilakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas NegaraS
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum

Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.

Cracking – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.

2. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

3. Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

4. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

5. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

6. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

7. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

B.DAMPAK NEGATIF FACEBOOK
SSDampak negatif  facebook bagi  pelajar, remaja dan anak-anak semakin merajalela, walaupun masih banyak yang tidak menyadari dampak negatifnya dari facebook ini, karena mungkin para facebookers sudah ketergantungan dengan adanya alat komunikasi ini, mungkin karena fitur-fiturnya yang serba ada dan mudah untuk dipahami oleh banyak kalangan, maka dari itu facebook merupakan sebagai alternatif untuk mencari teman lama dan mengobrol dengan temen melalui chat, dan memposting berbagai kata-kata yang sedang dipikirkan para facebookers, maka dari itu facebook berbahaya karena dapat menimbulkan ketagihan bagi penggunanya. tetapi ada juga dampak positifnya, tetapi kebanyakan dampak negatif yang nyata yang dialami para remaja dan anak-anak. Ada beberapa lagi dampak negatif yang dapat merusak pikiran facebookers, berikut penjelasannya :

    *  tidak peduli dengan sekitarnya


orang yang sudah kecanduan FB (bahasa singkat bagi facebookers) terlalu asyik dengan dunianya sendiri sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan disektarnya. seseorang yang telah kecanduan FB sering mengalami hal ini. Dan mereka asik dengan dunia yang sudah ia buat sendiri melalui FB. Ada yang bilang autis atau lebay .

    * kurang sosialisasi dengan lingkungan.


terlalu keseringan asik bermain FB, ini dapat mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial si anak.
mereka yang seharusnya belajar sosialisasi dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman FBnya yang rata-rata membahas sesuatu yang gak penting. akibatnya kemampuan verbal si anak menurun. tentu yang dimaksud autis di sini bukan dalam arti yang sebenarnya.

    * menghamburkan uang


akses internet untuk membuka FB jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan, dan biaya internet di idonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara lain. ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis.

    *  menggangu kesehatan


terlalu banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan apapun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan, penyakit akan mudah datang. telat makan dan tidur tidak teratur sampai-sampai bela-belakan tidur larut malam, mungkin hingga pagi lagi hanya karena notif yang mereka terima terus menerus, itulah yang membuat mereka terhanyut pikiranya. obesitas(kegemukan), penyakit lambung(pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.

    * berkurang waktu belajar


ini sudah jelas, terlalu lama bermain FB akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai pelajar. bahkan ada beberapa yang masih asik bermain FB saat di sekolah.demi FB si anak pun akan bela-belaan mencari waktu luang yang tepat untuk berFb ria, karena penasaran dengan notif yang akan ia terima dari teman, pacar atau orang-orang terdekatnya .

    * kurangnya perhatian untuk keluarga


keluarga dirumah adalah nomor satu, slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para Fbkers, tetapi buat mereka semua temen-temen di FB adalah nomor satu. tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.

    *  tersebarnya data pribadi


beberapa FBkers memebrikan data data mengenai dirinya dengan sangat detail. biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas Fb saja. mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet, ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi FB yang gampang sekali di hack.

    * mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex


mudah sekali bagi para FBkers menemukan sesuatu yang berbau porno dan sex sex. karena kedua hal itu yang paling banyak dicari di intenet dan juga paling mudah ditemukan. nah, inilah fakta tidak dewasanya pengguna internet indonesia. hanya menggunakan internet untuk mencari konten "berlendir". di FB akan sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.

    * rawan terjadinya perselisihan


tidak adanya kontrol dari pengelola FB terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna FB itu sendiri memuat pergeseran antar FBkers sering sekali terjadi.

    *  kriminal dan kejahatan


seperti media media lainnya, FB juga rawan terhadap penipuan. apalagi bagi anak anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan. selain itu dampak dari FB ini , si anak dapat melakukan hal-hal kriminal seperti : si anak bisa saja mengambil uang secara sumpat sumpat, karena terlalu seringnya bermain FB di warnet, dan orang tua pun melarang, untuk itu si anak bisa saja punya kepikiran untuk mengambil uang sumpat sumpat (tanpa diketahui orang tua).

C.DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE
Maraknya beredar game online di Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya kacau hingga anak sekolah atau kuliah yang tidak lulus. Bermain game memang mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Dari segi positif bisa melatih pola berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di game. Memang terbukti dari sebuah penelitian bahwa bermain game bisa membuat anak-anak menjadi lebih cerdas bila dibandingkan yang tidak, walau penelitian ini masih berbau kontrovesi dan belum bisa dipertanggung jawabkan.
Tapi apa akibatnya kalau bermain game berlebihan? Yang pasti efeknya bisa sangat fatal. Mulai dari kehidupan nyata yang kacau, tidak lulus sekolah (kuliah) bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa ataupun hal-hal lainnya seperti kejahatan-kejahatan karena kehabisan uang untuk bisa bermain game online.
Untuk mencegah hal ini diperlukan kewaspadaan dari orang tua bagi anak-anak yang masih kecil. Memang lebih baik anak-anaknya bermain game dari pada bergaul dengan orang yang tidak jelas, yang mungkin bisa menjeratnya ke kasus narkoba yang sekarang marak terjadi. Yang penting adalah ditanamkan ke anaknya bahwa bermain game hanya untuk sebagai pengisi waktu uang dan jangan dijadikan sebagai prioritas.
Bagi yang sudah dewasa diharapkan bisa berpikiran lebih jernih. Pikirkan skala prioritas bahwa untuk apa bermain game. Kalau memang untuk memenangkan sebuah pertandingan yang ada uangnya atau mendapatkan uang dari hasil bermain game sih wajar-wajar saja. Kalau hanya untuk sekedar hobi, harus mencari waktu luang, dan jangan berlebihan atau dijadikan prioritas.
Menimbulkan efek ketagihan, yang berakibat melalaikan kehidupan nyata. Inilah masalah sebenarnya yang dihadapi oleh para gamer yang intinya adalah pengendalian diri. Kehidupan real menjadi berantakan, seperti nilai pelajaran, tugas kampus, dipecat, dsb.
Membuat orang menjadi bodoh. Orang berpikir terlalu pendek karena jalan main game yang ia mainkan. Ada salah satu kasus, seseorang membunuh seorang sopir taksi karena orang itu menginginkan uang dari sopir taksi itu untuk bermain game. Game kesukaannya adalah GTA. Pasti tahu kan..?
Membuat orang terisolisir dengan lingkungan sekitar. Ini adalah efek karena terlalu seringnya bermain game sehingga lupa akan kehidupan nyatanya. Mengganggu kesehatan. Karena seseorang yang bermain game dalam waktu sangat lama ia hanya melakukan kegiatan pasif
Mengakibatkan pola makan dan tidur yang tidak teratur sehingga mudah terserang penyakit. Jika terlalu sering akan menimbulkan pengaruh psikologis. Menghayal dan pikiran yang selalu tertuju pada game adalah efek negative yang ditimbulkannya. Mempengaruhi pola piker dan tingkah laku Pemborosan, Jika game online telah menjadi candu. Karena jika seseorang telah kecaduan, ia dapat mengorbankan apapun demi keinginannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah drama 8 orang- bukan bawang putih bawang merah biasa

Drama plesetan Cindel Rella 5 orang (dengan perubahan)

Naskah drama nasi goreng