DAMPAK NEGATIF INTERNET,FB, DAN GAME OLINE-TUGAS BAHASA INDONESIA
DAMPAK
NEGATIF INTERNET, FACEBOOK, DAN GAME ONLINE
A.DAMPAK NEGATIF
INTERNET
Dampak
Negatif Internet
1.
Cybercrime Adalah kejahatan yang dilakukan seseorang dengan sarana internet di
dunia maya yang bersifat.
•
Perbuatan dilakukan secara illegal
•
Kerugian sangat besar
•
Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk
cybercrime sebagai berikut :
Hacking
– Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari
kelemahan system jaringan.
Cracking
– Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah
atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
2.
Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
3.
Violence And Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
4.
Penipuan
Hal
ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
5.
Carding
Karena
sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu
kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi
(yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
6.
Perjudian
Dampak
lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi
tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya
perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
7.
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat
internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial
yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam
berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet
(kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama
yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk
melayani kecanduan tersebut.
B.DAMPAK NEGATIF
FACEBOOK
SSDampak negatif facebook bagi
pelajar, remaja dan anak-anak semakin merajalela, walaupun masih banyak
yang tidak menyadari dampak negatifnya dari facebook ini, karena mungkin para
facebookers sudah ketergantungan dengan adanya alat komunikasi ini, mungkin
karena fitur-fiturnya yang serba ada dan mudah untuk dipahami oleh banyak
kalangan, maka dari itu facebook merupakan sebagai alternatif untuk mencari
teman lama dan mengobrol dengan temen melalui chat, dan memposting berbagai
kata-kata yang sedang dipikirkan para facebookers, maka dari itu facebook
berbahaya karena dapat menimbulkan ketagihan bagi penggunanya. tetapi ada juga
dampak positifnya, tetapi kebanyakan dampak negatif yang nyata yang dialami
para remaja dan anak-anak. Ada beberapa lagi dampak negatif yang dapat merusak
pikiran facebookers, berikut penjelasannya :
*
tidak peduli dengan sekitarnya
orang
yang sudah kecanduan FB (bahasa singkat bagi facebookers) terlalu asyik dengan
dunianya sendiri sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan
disektarnya. seseorang yang telah kecanduan FB sering mengalami hal ini. Dan
mereka asik dengan dunia yang sudah ia buat sendiri melalui FB. Ada yang bilang
autis atau lebay .
* kurang sosialisasi dengan lingkungan.
terlalu
keseringan asik bermain FB, ini dapat mengkhawatirkan bagi perkembangan
kehidupan sosial si anak.
mereka
yang seharusnya belajar sosialisasi dengan lingkungan justru lebih banyak
menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman FBnya yang
rata-rata membahas sesuatu yang gak penting. akibatnya kemampuan verbal si anak
menurun. tentu yang dimaksud autis di sini bukan dalam arti yang sebenarnya.
* menghamburkan uang
akses
internet untuk membuka FB jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan, dan
biaya internet di idonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara
lain. ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif.
lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis.
*
menggangu kesehatan
terlalu
banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan apapun, tidak pernah olah
raga sangat beresiko bagi kesehatan, penyakit akan mudah datang. telat makan
dan tidur tidak teratur sampai-sampai bela-belakan tidur larut malam, mungkin
hingga pagi lagi hanya karena notif yang mereka terima terus menerus, itulah
yang membuat mereka terhanyut pikiranya. obesitas(kegemukan), penyakit
lambung(pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling
mungkin terjadi.
* berkurang waktu belajar
ini
sudah jelas, terlalu lama bermain FB akan mengurangi jatah waktu belajar si
anak sebagai pelajar. bahkan ada beberapa yang masih asik bermain FB saat di
sekolah.demi FB si anak pun akan bela-belaan mencari waktu luang yang tepat
untuk berFb ria, karena penasaran dengan notif yang akan ia terima dari teman,
pacar atau orang-orang terdekatnya .
* kurangnya perhatian untuk keluarga
keluarga
dirumah adalah nomor satu, slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para Fbkers,
tetapi buat mereka semua temen-temen di FB adalah nomor satu. tidak jarang
perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.
*
tersebarnya data pribadi
beberapa
FBkers memebrikan data data mengenai dirinya dengan sangat detail. biasanya ini
untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas Fb saja. mereka tidak tahu
resikonya menyebarkan data pribadi di internet, ingat data data di internet
mudah sekali bocor, apalagi FB yang gampang sekali di hack.
* mudah menemukan sesuatu berbau pornografi
dan sex
mudah
sekali bagi para FBkers menemukan sesuatu yang berbau porno dan sex sex. karena
kedua hal itu yang paling banyak dicari di intenet dan juga paling mudah
ditemukan. nah, inilah fakta tidak dewasanya pengguna internet indonesia. hanya
menggunakan internet untuk mencari konten "berlendir". di FB akan
sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
* rawan terjadinya perselisihan
tidak
adanya kontrol dari pengelola FB terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan
pengguna FB itu sendiri memuat pergeseran antar FBkers sering sekali terjadi.
*
kriminal dan kejahatan
seperti
media media lainnya, FB juga rawan terhadap penipuan. apalagi bagi anak anak
yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. bagi si penipu
sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.
selain itu dampak dari FB ini , si anak dapat melakukan hal-hal kriminal
seperti : si anak bisa saja mengambil uang secara sumpat sumpat, karena terlalu
seringnya bermain FB di warnet, dan orang tua pun melarang, untuk itu si anak
bisa saja punya kepikiran untuk mengambil uang sumpat sumpat (tanpa diketahui orang
tua).
C.DAMPAK NEGATIF
GAME ONLINE
Maraknya beredar game online di
Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya
kacau hingga anak sekolah atau kuliah yang tidak lulus. Bermain game memang
mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Dari segi positif bisa melatih pola
berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang
dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di game. Memang
terbukti dari sebuah penelitian bahwa bermain game bisa membuat anak-anak
menjadi lebih cerdas bila dibandingkan yang tidak, walau penelitian ini masih
berbau kontrovesi dan belum bisa dipertanggung jawabkan.
Tapi apa akibatnya kalau bermain game
berlebihan? Yang pasti efeknya bisa sangat fatal. Mulai dari kehidupan nyata
yang kacau, tidak lulus sekolah (kuliah) bagi yang masih berstatus pelajar atau
mahasiswa ataupun hal-hal lainnya seperti kejahatan-kejahatan karena kehabisan
uang untuk bisa bermain game online.
Untuk mencegah hal ini diperlukan
kewaspadaan dari orang tua bagi anak-anak yang masih kecil. Memang lebih baik
anak-anaknya bermain game dari pada bergaul dengan orang yang tidak jelas, yang
mungkin bisa menjeratnya ke kasus narkoba yang sekarang marak terjadi. Yang
penting adalah ditanamkan ke anaknya bahwa bermain game hanya untuk sebagai
pengisi waktu uang dan jangan dijadikan sebagai prioritas.
Bagi yang sudah dewasa diharapkan bisa
berpikiran lebih jernih. Pikirkan skala prioritas bahwa untuk apa bermain game.
Kalau memang untuk memenangkan sebuah pertandingan yang ada uangnya atau
mendapatkan uang dari hasil bermain game sih wajar-wajar saja. Kalau hanya
untuk sekedar hobi, harus mencari waktu luang, dan jangan berlebihan atau
dijadikan prioritas.
Menimbulkan efek ketagihan, yang
berakibat melalaikan kehidupan nyata. Inilah masalah sebenarnya yang dihadapi
oleh para gamer yang intinya adalah pengendalian diri. Kehidupan real menjadi
berantakan, seperti nilai pelajaran, tugas kampus, dipecat, dsb.
Membuat
orang menjadi bodoh. Orang berpikir terlalu pendek karena jalan main game yang
ia mainkan. Ada salah satu kasus, seseorang membunuh seorang sopir taksi karena
orang itu menginginkan uang dari sopir taksi itu untuk bermain game. Game
kesukaannya adalah GTA. Pasti tahu kan..?
Membuat orang terisolisir dengan
lingkungan sekitar. Ini adalah efek karena terlalu seringnya bermain game
sehingga lupa akan kehidupan nyatanya. Mengganggu kesehatan. Karena seseorang
yang bermain game dalam waktu sangat lama ia hanya melakukan kegiatan pasif
Mengakibatkan pola makan dan tidur yang
tidak teratur sehingga mudah terserang penyakit. Jika terlalu sering akan
menimbulkan pengaruh psikologis. Menghayal dan pikiran yang selalu tertuju pada
game adalah efek negative yang ditimbulkannya. Mempengaruhi pola piker dan
tingkah laku Pemborosan, Jika game online telah menjadi candu. Karena jika
seseorang telah kecaduan, ia dapat mengorbankan apapun demi keinginannya.
Komentar
Posting Komentar