Sekilas tentang SNMPTN

Bagi kalian yang masih bingung dengan apa yang namanya SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), disini saya BEKTI akan sedikit menjelaskan tentang hal tersebut. Mungkin ada yang bingung bagaimana bentuk aplikasi snmptn itu, bagaimana cara pakainya ? dll. Disini saya akan jelaskan berdasarkan pengalaman saya.

Kalian yang mungkin mendapat info bahwa snmptn itu harus BERURUTAN, JANGAN SALAH PILIH, atau apalah", itu bisa dipercaya dan tidak. YAng penting pilihlah yang kamu mau.

Disini saya punya tips KULIAH, (hasil dari kegalauan saya waktu dulu):

PASTI BINGUNG APA YANG HARUS DIPIKIRKAN, ADA BEBERAPA CARA :

1. Pikirkan PTN mana yang paling diinginkan (JIKA SUDAH PUNYA TUJUAN UNIVERSITAS YANG DIMAU), masalah prodi (pogram studi) gak masalah apa aja.

2. Pikirkan prodi apa yang paling dimau (JIKA PUNYA TUJUAN PRODI KESUKAAN), tinggal cari ptn mana yang memiliki akreditasi bagus untuk prodi itu.

3. Bila sudah ada ptn dan prodi yang diinginkan sejak dulu, itu malah lebih baik.

4. Bila lebih memikirkan lokasi ptn, lebih baik ambil saja yang sekiranya baik untuk kalian. misal di daerah saya ptn yang paling dekat rumah, hanya PTN C dan prodi yang ada hanya itu-itu saja, maka pilihlah prodi yang sekiranya menguntungkan anda di masa depan. (JIKA TAKUT JAUH DARI RUMAH, "KAYA SAYA")

5. YANG TERAKHIR BILA BINGUNG MAU PTN APA, PRODI APA, DIMANA, KAYA GIMANA. WAH INI SAYYAAA BANGGGETT. mungkin yang sedang baca pasti nunggu gimana solusinya. Saran saya adalah, ikuti saja alur waktu, maka waktu akan membawa anda pada keputusan anda, karena Tuhan senantiasa memberikan jalan pada hambanya.  Tapiiii tentunya anda juga harus melakukan hal" yang berhubungan dengan kuliah, bukan berarti karena takut, anda justru menjauhinya.

Nah kalau sudah dapat ptn dan prodi yang dimau, tinggal cari cara bagaimana masuk ke univ itu. Salah satunya jalur snmptn

NAH INI SEKILAS TENTANG SNMPTN

Sebelum anda melihat" isi snmptn, anda diharuskan mengecek nilai anda yang ada di akun anda. Segera perbaiki bila ada yang salah kepada guru pembimbing.



Ketika anda mengetik link snmptn maka akan muncul halaman depan




Ada juga kata pengantar







 Anda bisa lihat prodi yang akan dipilih, bisa liat" dulu kog, oh iya ... akun snmptn akan tertutup dengan sendirinya jika anda tidak menggunakannya dalam beberapa jam. yahh paling enggak utak atik lah biar gak tertutup.





Jika ada yang masih dibingungkan, kalian bisa buka di HALO SNMPTN






Untuk awal, anda harus login dgn data dr sekolah, yang berisi NISN dan paswrd. tapi setelah anda membuka akun anda, maka anda akan disuruh untuk menggantinya dengan paswrd baru. ikuti aja deh langkahnya.






Dibagian bawah t4 masuk akun, akan tertera tanggal penting. kalau masalah status pendaftaran gak masalah.





Anda bisa mengecek kuota tahun lalu














Setelah anda sudah liat liat, anda bisa tutup link dengan menekan logout yang ada di ujung kanan atas. jika sudah ada pilihan, anda langsung saja daftar









Bila anda sudah masuk dan mau  mulai daftar, anda akan disuruh untuk memilih prodi , trus klik selanjutnya aja terus. ikuti aja deh urutannya.








Anda akan disuruh mengisi formulir lengkap








Anda akan disuruh memasukkan foto, ingat ukurannya ya






 Bila sudah selesai tahapnya, akan muncul gambar dibawah ini, tapi gambar dibawah ini adalah pendaftaran yang sudah difinalisasi, kalau belum pasti tulisannya belum difinalisasi. selagi belum difinalisasi data anda masih bisa di ubah.





Setelah difinal, anda hanya tinggal menunggu tanggal download kartu pesertanya saja, seperti dibawah. segera download sebelum batas waktunya habis. dan tinggal tunggu pengumuman snmptnnya saja.


Semoga bermanfaat. Maaf ya kalau berantakan, cepet" nih bikinnya.

LANJUTAN, 
 Bila anda akan membuka pengumuman keterima atau nggak, langsung liat di pemberitahuan di halaman depan snmptn, dan isikan no pendaftaran serta tanggal lahir untuk membuka. kemudian klik lihat hasil seleksi daannn scroll kebawah dan jeng jeng,... liat hasilnya. SUKSES YA,... ?

Gb.dbwh hanya contoh ya, ya paling nggak kalianudah lihat gimana bentuk pendaftaran snmptn itu, bahkan sampe pengumumannya. untuk tahun ini ya kaya gitu gambarannya, tapi saya gak tau tahun selanjutny gmana.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah drama 8 orang- bukan bawang putih bawang merah biasa

Drama plesetan Cindel Rella 5 orang (dengan perubahan)

Naskah drama nasi goreng